Musim Hujan Waspada DBD

waspada dbd


Waspada DBD. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Azikin, meminta warga untuk mewaspadai wabah Demam Berdarah Dengue. Wabah ini kerap datang saat pergantian musim. Terutama akhir-akhir ini yang mulai memasuki musim penghujan.

Ini Harga Rokok Mulai Naik Tahun 2017

Naisyah pun meminta agar warga segera bertindak jika ada gejala utama dari DBD. Umumnya, kata Naisyah, gejaa DBD muncul setelah tiga sampai lima belas hari karena gigitan nyamuk Aedes aegepty.

"Biasanya penderita menderita demam yang naik turun disertai sakit kepala parah, sakit di belakang mata, ruam, nyeri sendi, nyeri otot dan tulang, dan yang paling kita waspadai itu apabila penderita mengalami pendarahan ringan, seperti mimisan atau gusi berdarah," jelas Naisyah pada Rakyatku.com, Kamis (6/10/2016).

Namun untuk memastikan, lanjut Naisyah, penderita harus melakukan pemeriksaan laboratorium di puskesmas atau rumah sakit.

"Penderita yang diindikasi DBD juga biasanya mengeluh nyeri pinggang, serta mengalami pembengkakan di kelenjar getah bening pada leher dan selangkangan," paparnya.

Ia menambahkan, gejala DBD biasanya berlangsung selama dua sampai tujuh hari, dan meski demam mulai mereda, penderita dianjurkan untuk tetap waspada karena kemunculan gejala DBD sangat mungkin terjadi. Dimana gejala tahap dua ini berhubungan dengan peningkatan permeabilitas pembuluh darah kapiler.
Diberdayakan oleh Blogger.