Kasus Zika Baru Berada di Malaysia


INFOKESEHATANNEW - Dua kasus infeksi virus Zika baru terdeteksi pada Selasa (13/09) di Malaysia. Ini menjadikan jumlah kasus di negara itu berjumlah 6.

Kasus Zika Baru itu melibatkan dua saudara perempuan di Miri dan di Kuala Lumpur.  Menteri Kesehatan Malaysia, S Subramaniam mengatakan, bahwa kasus kelima melibatkan perempuan berusia 35 tahun di Miri, Sarawak, yang sekarang hamil dua bulan. Dia dikabarkan pernah bekerja di Singapura. Ia terakhir kali mengunjungi Singapura pada akhir Juli lalu.

Subramaniam mengatakan bahwa perempuan itu dibawa ke sebuah klinik swasta di Miri pada 6 September setelah menderita demam berkepanjangan, flu dan sakit tenggorokan.

Baca Juga : Kasus Zika Baru Lagi di Singapura, Total Jadi 333

"Hasil tes virus Zika, berdasarkan sampel yang dikirim ke laboratorium swasta di Kuala Lumpur dan  Institute of Medical Research menunjukkan positif," katanya.

Subramaniam menambahkan bahwa perempuan itu dirawat di rumah sakit di Miri pada hari Minggu untuk pemeriksaan lebih lanjut.


Untungnya, semua enam anggota keluarga pasien yang tinggal di rumah yang sama tidak menunjukkan gejala atau tanda-tanda infeksi Zika.

Di sisi lain, kakaknya yang tinggal di Kuala Lumpur juga dirawat di Kuala Lumpur pada hari yang sama (Minggu, 11/09).

Subramaniam mengatakan bahwa kakaknyaitu pernah mengunjungi saudaranya di Miri pada tanggal 26 Agustus, sebelum berangkat ke Kuala Lumpur pada 6 September.

Sekarang, tindakan pencegahan dan pengendalian vektor telah dilaksanakan di daerah pemukiman dari dua pasien, termasuk pemberantasan perkemang biakan Aedes, melakukan larvasiding, fogging dan mendidik warga lainnya tentang bahaya Zika.
Diberdayakan oleh Blogger.