Ini Cara Mengatasi Insomnia

cara mengatasi insomnia


Cara Mengatasi Insomnia. Insonia merupakan salah satu masalah tidur yang sangat menggangu. Hal ini bisa membuat kita mudah lelah, letih, gelisah dan sulit berkonsentrasi pada apa pun yang dilakukan.

Ini Cara Mengatasi Ngantuk Dengan Bangun Pagi

Langkah pertama yang mungkin dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah mengonsumsi obat tidur. Tapi, ini hanya memberikan solusi sementara. Para ahli bahkan menyarankan agar kita tidak membiasakan diri mengonsumsinya.

Lalu bagaimana mengatasi insomnia? Ada beberapa cara alami yang bisa Anda tempuh, berikut di antaranya:

1. Makan malam lebih awal
Pakar kesehatan menyarankan agar kita makan malam minimal tiga jam sebelum tidur. Selain membantu makanan agar mudah dicerna, ini juga bisa membuat Anda mengantuk lebih cepat.

2. Meditasi
Coba lakukan meditasi sekitar 10-15 menit setiap pagi dan sebelum tidur. Ini akan membantu mengurangi tingkat stres, yang merupakan salah satu penyebab insomnia.

3. Minyak lavender
Minyak lavender membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur. Cukup tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam air sebelum mandi di malam hari. Anda juga bisa memberikan minyak lavender pada sarung bantal Anda, ketika mencucinya.

4. Jangan latihan sebelum tidur
Latihan bisa meningkatkan tingkat energi Anda, oleh karena itu harus dihindari sebelum tidur. Pilihan terbaik untuk berolah raga adalah dilakukan sebelum jam 5 sore. Ini akan membantu Anda mendapatkan cukup tidur.

5. Minyak chamomile
Sama seperti minyak lavender, minyak chamomile juga memiliki sifat-sifat penting yang membantu menenangkan pikiran dan membuat mudah tertidur. Cukup tambahkan beberapa tetes minyak chamomile dalam air dan mandi sebelum tidur.

6. Kurangi membaca
Alih-alih bermain-main dengan gadget seperti komputer dan ponsel, alangkah baiknya Anda menghabiskan waktu dengan membaca. Bacalah majalah, jurnal dan buku. Ini akan membantu memberikan tidur yang baik dan mencegah insomnia.

7. Hindari makan pedas sebelum tidur
Makanan yang pedas serta berkadar gula tinggi bisa membuat susah tidur. Disarankan untuk makan makanan yang seimbang sebelum tidur.(Rakyatku)
Diberdayakan oleh Blogger.